Better For Your Body

Menstrual Cup adalah pilihan yang sehat dibandingkan dengan pembalut dan tampon. Banyak pembalut yang beredar di pasaran mengandung dioksin, pemutih klorin dan zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan kanker. Bukan hanya aman, menstrual cup juga nyaman dipakai. Anda bahkan bisa lupa sedang mensturasi dan sedang menggunakan menstrual cup. Menstrual cup juga pilihan yang bersih, anda tidak perlu lagi bergelut dengan amisnya darah mensturasi dan gatal karena iritasi di area kewanitaan anda. Sekali Anda mencoba menstrual cup, Anda tidak akan lagi melihat ke belakang.

Once you go menstrual cup, you will never go back!”

10 Reasons To Change to menstrual cup :

1. Menstrual Cup Nyaman Digunakan

Posisi Menstrual Cup yang benar adalah lebih rendah dibandingkan dengan tampon, namun karena bahan menstrual cup fleksibel (silikon grade medis) anda sama sekali tidak merasakannya (bandingkan jika anda memakai pembalut yang membuat risih). Menstrual cup tidak menghalangi aliran darah menstruasi, hanya menampungnya, sehingga anda bisa bergerak bebasm, berlari, berenang, tidur tanpa menyadari menstrual cup anda ada di dalam sana.

2. Menstrual Cup Tidak Menyebabkan Kering Maupun Mengganggu pH Vagina

Ini karena menstrual cup tidak menyerap segalanya, hanya menampung. Bandingkan dengan tampon dan pembalut dengan daya serapnya, yang menyerap tidak hanya darah namun juga kelembaban pada area kewanitaan Anda. Dalam vagina bukan hanya ada darah, ada banyak sekresi yang dikeluarkan secara alami yang juga penting dan tidak seharusnya diserap. Lebih dari seperempat cairan yang diserap tampon adalah sekresi vaginal alami dan penting. Saat  anda sudah mengeluarkannya, tampon menyisakan serat-serat yang mana tubuh harus membentuk suatu mekanisme dan harus berjuang untuk mengeluarkannya. Serat kayu (rayon) pada tampon dapat melukai dinding vagina menyebabkan vagina rentan terhadap infeksi.

3. Anda Dapat Menggunakan Menstrual Cup Hingga Lebih Dari 12 Jam

Anda dapat memasukkannya pagi hari saat anda bangun tidur, mengosongkannya dan membersihkannya di malam hari saat anda sudah selesai beraktivitas dan berada di rumah. Sangat nyaman dan menyenangkan. Jika mensturasi anda sedang deras-derasnya, anda mungkin ingin mengosongkannya sekali di siang hari. Anda tinggal temukan toilet untuk membuang darah mensturasi. Jika tidak tersedia air, anda bisa mengelap menstrual cup anda dengan tissue basah ataupun tissue toilet, atau anda tinggal menyediakan sebotol air minum. Air yang aman untuk diminum, aman digunakan untuk membilas menstrual cup anda. Dan setelah anda tiba di rumah barulah dicuci dengan sabun.

4. Menstrual Cup Tidak Menyebabkan TSS, Alergi, Iritasi, Keputihan, Gatal-gatal

Penggunaan tampon beresiko menyebabkan TSS (Toxic Shock Syndrome) yang fatal dan berakibat kematian karena infeksi bakteri. Juga pembalut yang mengandung berbagai bahan kimia, yang dapat mengganggu pH vagina yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri tidak terkendali, belum lagi bisa menyebabkan area kewanitaan anda menjadi kering. Sekarang anda sudah tahu kenapa setiap mensturasi area kewanitaan anda terasa gatal, mengalami iritasi dan keputihan, hal ini karena pembalut yang dipakai.

Beralihlah ke menstrual cup. Saat berada di dalam vagina, menstrual cup melekat pada dinding vagina sedemikian rupa sehingga udara luar tidak dapat masuk dan bakteri tidak berkembang secepat pada pembalut dan tampon. Sudah teruji klinis dan laboratorium. Anda akan terkejut, bahkan darah yang tertampung pada menstrual cup tidak berbau amis seperti pada pembalut, karena darah belum terpapar dunia luar dan bakteri tidak berkembangbiak.

5. Banyak Wanita yang Menyukainya Karena Terasa Lebih Bersih

Seperti yang disebutkan di atas, anda tidak akan mencium bau amis biasa saat anda mensturasi. Anda akan menyadarinya saat penggunaan pertama menstrual cup. Lekatan menstrual cup pada dinding vagina bekerja seperti segel (seal) yang memblokir udara masuk ke dalam sehingga darah di dalam cup tidak mengalami oksidasi. Bahkan terkadang darah yang tertampung di cup tidak semerah pada pembalut.

Anda dapat mensterilkan cup anda dengan cara merebusnya untuk mematikan semua bakteri. Setelah mensterilkannya, anda akan lebih nyaman menggunakannya. Banyak wanita berpikir bahwa pembalut dan tampon melewati proses sterilisasi, yang terjadi sebenarnya tidaklah demikian.

6. Anda Dapat Melakukan Aktivitas Apapun dengan Menstrual Cup

Anda dapat melakukan semua jenis olahraga dengan menstrual cup : Yoga, pilates, berkuda, wushu, bersepeda, berlari, bahkan berenang. Apapun itu. Bahkan kalau anda mau, anda bisa tidur telanjang dengan aman sepanjang malam, tanpa khawatir mengganti seprai.

7. Anda Dapat Menggunakan Menstrual Cup Bahkan Sebelum Waktu Mensturasi

Jika anda memperkirakan waktu mensturasi anda sudah akan tiba pada hari tersebut, saat anda bekerja ataupun sedang berpergian dan travelling, gunakanlah cup saat pagi hari dan anda tidak perlu khawatir lagi. Anda tidak dapat melakukan ini dengan tampon.

8. Menstrual Cup Tidak Terlihat Saat Digunakan

Saat dipakai, menstrual cup tidak akan terlihat dari luar. Tidak ada tali yang keluar seperti tampon. Anda dengan aman dan nyaman dapat menggunakan bikini tanpa jejak bahwa anda sedang mensturasi.

9. Menstrual Cup Tidak Mengeluarkan Senyawa Kimia Ke Dalam Tubuh

Tampon dan pembalut mengandung kapas yang mengalami proses pemutihan, serat kayu/ rayon yang dapat tertinggal di dalam tubuh, dan dioksin, yang dihubungkan dengan kanker. Dioksin adalah senyawa yang beracun yang tebentuk pada proses pemutihan yang bertahan lama di dalam tubuh karena dapat diserap jaringan lemak. Waktu paruh dioksin dalam tubuh adalah sekitar 7-11 tahun. Paparan jangka pendek dioksin kadar tinggi pada manusia dapat mengakibatkan lesi kulit, seperti chloracne (sejenis jerawat akibat paparan senyawa halogen, termasuk dioksin) dan penggelapan warna kulit, dan gangguan fungsi hati. Sedangkan paparan jangka panjang menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, perkembangan sistem saraf, sistem endokrin dan fungsi reproduksi. Sedangkan menstrual cup menggunakan silikon grade medis yang aman yang stabil dan tidak mudah terurai dan tidak menyisakan senyawa kimia apapun.

10. Menstrual Cup Terbuat dari Material yang Berkualitas dan Aman

Material yang digunakan pada menstrual cup memiliki sifat antibakteri, dan bisa dicuci bersih. Sangat sempurna dan aman untuk penggunaan berulang-ulang.