Better For Your Wallet

Sekalipun harga menstrual cup mahal, tapi tahukah bahwa Anda bisa menggunakannya berulang-ulang hingga 1 tahun bahkan lebih. Anda bisa hemat hingga 20 kali lebih murah daripada membeli pembalut! Anda tidak perlu berpikir untuk membeli pembalut lagi. Secara higienitas seorang wanita harus mengganti pembalutnya 3 – 5 kali sehari dan pengguna tampon harus menggantinya 5 kali sehari dan siklus mensturasi wanita berakhir lebih kurang 5 hari.

Jadi jika ditotalkan seorang wanita membuang 3×65 = 325 tampon/pembalut per tahun. 1 bungkus pembalut isi 20 pcs harganya lebih kurang Rp 25.000,00, dan harga tampon per bungkus isi 20 pcs adalah Rp 124.000. maka biaya yang dibutuhkan:
Untuk pengguna pembalut : Rp 406.250, dibulatkan dengan panty liner dan softex malam menjadi Rp 450.000,00
Untuk pengguna tampon : Rp 2.015.000,00 dibulatkan dengan panty liner dan softex malam menjadi Rp 2.050.000,00. Biaya untuk tampon di republik ini sangat fantastis, karena harganya lebih mahal dari di luar negeri.

Perusahaan Diva Cup baru-baru ini mengubah kebijakan dengan menyatakan sebaiknya mengganti cup setiap tahun, padahal beberapa waktu yang lalu pihak Diva Cup mengklaim bahwa menstrual cup nya bisa tahan hingga 10 tahun. Banyak orang yang menggunakan cup di atas 3 tahun, dan menyatakan bahwa cup nya masih dalam keadaan sama seperti saat baru pertama dibeli. Kebijakan baru ini diisukan karena adanya peraturan baru dan tekanan dari pihak FDA dan juga kebijakan strategis dari Diva Cup sendiri, mungkin agar penjualan lebih besar. Silikon tidak akan sebegitu cepat rusak, dan untuk penanggulangan bakteri bisa dilakukan dengan merebus cup sebulan sekali. Silikon tidak akan rusak karena direbus, silikon grade medis ditujukan untuk disterilisasi pada suhu dan tekanan tinggi, jadi tindakan merebus tidak akan mengubah kualitas.