How It Works

cara menggunakan menstrual cup
Kami merangkumkan Instruksi Singkat dan Praktis Bagaimana Menggunakan DivaCup®.
(Ini adalah versi singkat Instruksi Penggunaan DivaCup, Anda akan mendapatkan instruksi lengkap di dalam box Diva Cup atau Anda dapat mendownload versi pdf disini.)

Langkah 1 : Cuci Tangan  Cucilah tangan anda dengan sabun yang lembut dan tanpa pewangi. Pastikan tidak ada sisa sabun pada tangan Anda. Untuk penggunaan pertama kali, anda dapat melumasi tangan anda dengan air maupun dengan lubricant vaginal yang berbahan dasar air (water based) untuk mempermudah.

Langkah 2 : Pipihkan DivaCup Anda — Tekan kedua sisi Cup hingga pipih dengan menggunakan jempol dan jari anda seperti pada gambar.

Langkah 3: Lipat Dua — Setelah Diva Cup Anda pipih, lipat dua membentuk huruf C. Tahan lipatan di atas dengan erat dengan jempol dan jari telunjuk Anda dengan posisi sisi yang melengkung berseberangan dengan telapak Anda (posisi tangkai dekat telapak Anda). Seperti pada gambar di atas.

Langkah 4 : Masukkan : Dengan posisi yang nyaman dan rileks, buka dengan lembut labia Anda (dengan tangan yang tidak memegang Diva Cup) kemudian dorong ujung yang melengkung dari Diva Cup secara horizontal masuk ke dalam bukaan vagina Anda sampai ujung tangkai Diva Cup tidak lebih dalam dari 1,2 cm dari vagina. Memasukkan terlalu dalam dapat mengakibatkan darah tidak tertampung dengan baik sehingga bocor.

Langkah 5 : Putar untuk Melekatkan — Dengan kedua jari, genggam dasar Cup (bukan tangkainya), putar Cup satu putaran penuh (360 derajat) pada salah satu sisi (Atau sebaliknya anda dapat memutar Cup satu rotasi penuh kemudian baru mendorongnya secara horizontal ke dalam). Tindakan ini untuk membuka sempurna Diva Cup dan melekatkannya pada tempatnya

Langkah 6 : Mengeluarkan Untuk mengeluarkannya, raih dengan lembut tangkai Diva Cup sampai Anda menyentuh dasar Cup. Cubit dasar Cup untuk melepaskan lekatannya kemudian tarik turun hingga keluar dari vagina. Buang darah yang sudah terisi pada Cup Anda, bilas bersih dengan air dan dengan Diva Wash, kemudian masukkan kembali.

Disarankan untuk membuang isi dan mencuci DivaCup Anda minimal 2 kali sehari dan DivaCup dapat digunakan semalaman tanpa khawatir bocor. Kebanyakan wanita melakukan rutinitas membuang isi DivaCup saat pagi hari kemudian saat malam. Dengan mempelajari mensturasi Anda dalam beberapa siklus, anda akan tahu kapan saat yang tepat untuk mengosongkan DivaCup Anda, karena hal ini berbeda untuk setiap orang. Kebanyakan wanita menemukan bahwa Cup mereka bahkan belum setengah penuh dalam waktu 12 jam. Namun wanita dengan mensturasi yang deras, sebaiknya memeriksa dan mengosongkan Cup mereka lebih sering. Jika Anda akan beraktivitas, dan siklus mensturasi anda sudah dekat, Anda dapat berjaga-jaga dengan menggunakan DivaCup sesaat sebelum mensturasi Anda. Saat awal penggunaan, gunakanlah pembalut untuk berjaga-jaga kalau-kalau Anda tidak memasukkan DivaCup dengan benar agar tidak bocor. Penggunaan Diva Cup selalu dibarengi dengan siklus pembelajaran, dan smoga Anda bisa melewati siklus pembelajaran itu dengan baik.

Tips Untuk Menggunakan Diva Cup Pertama Kali

  1. Rileks dan Santailah : Pilih waktu dimana Anda sendiri dan dapat fokus tanpa gangguan maupun interupsi. Mungkin sehabis mandi dimana Anda merasa rileks. Jika Anda gugup, otot vagina akan menjadi tegang dan mengetat, yang akan menyulitkan Anda memasukkan Diva Cup bahkan tidak bisa memasukkannya.
  2. Pelajari Diri Anda: Merupakan ide yang bagus untuk mengenal tubuh Anda. Ambillah waktu untuk mengetahui dimana bukaan vagina Anda dan masukkan jari Anda untuk mengetahui letak cervix Anda. Cervix terasa seperti ujung hidup Anda. Mengetahui dimana letak cervix Anda, akan membantumu meletakkan Diva Cup pada posisi yang tepat.
  3. Cobalah Saat Mensturasi : Vagina lebih fleksibel dan darah berperan sebagai pelumas. ATAU…
  4. Cobalah Sebelum Mensturasi: Jika Anda merasa risih menyentuh darah, Anda dapat mencobanya sebelum mensturasi. Gunakanlah air sebagai pelumas.
  5. Memasukkan dengan Arah yang Benar: Ketahuilah arah memasukkan yang benar adalah sedikit ke belakang, bukan memasukkannya tegak ke atas.
  6. Cobalah Bentuk Lipatan Yang Berbeda: Beberapa wanita sukses dengan menggunakan C-fold. Namun demikian kami menemukan ada banyak cara melipat Diva Cup Anda. Video ini akan menunjukkan kepada Anda 9 lipatan berbeda.
  7. Bersabar: Ketahui bahwa Anda harus mencobanya beberapa kali sebelum berhasil. Jika Anda tidak memulai dengan harapan dapat berhasil saat mencobanya pertama kali, Anda akan sangat senang dan terkejut saat berhasil.
  8. Perhatikan Tangkai Diva Cup Anda: Setelah berhasil memasukkan Diva Cup Anda, perhatikan apakah tangkai Diva Cup Anda menonjol keluar dan terasa saat Anda duduk. Jika menonjol keluar akan membuat tidak nyaman dan Anda dapat memotongnya. Berhati-hatilah saat memotong tangkainya, jangan sampai melubangi Diva Cup Anda.

TIPS UNTUK MENGELUARKAN DIVA CUP PERTAMA KALI

  1. Rilekslah :  Sama seperti saat memasukkannya, Anda perlu rileks. Jangan terburu-buru.

  2. JANGAN menarik tangkainya : Tangkai berfungsi untuk mengarahkan Anda pada dasar Cup. Jika Anda menarik tangkainya, akan terasa sakit! Juga darah Anda akan berceceran dan berantakan jika Cup Anda terlepas.

  3. Remaslah dasar Cup untuk melepaskan Genggamannya : INI KUNCINYA! – Dasar Cup memiliki bubungan untuk melekatkan Cup pada dudukannya. Pegang dasar dan putar Cup ke sisi lain sehingga melepaskan genggaman Cup dari dinding vagina Anda.

  4. Goyangkan dengan Perlahan : Ketika genggaman sudah lepas,goyangkan dengan lembut cup dari satu sisi ke sisi lain sambil mengeluarkannya. Teknik ini mungkin tidak perlu, namun dapat membantu jika Cup agak sulit dikeluarkan.