FAQ Around Menstrual Cup

Berikut ini, DIVA Cup Indonesia berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul berkenaan dengan Menstrual Cup dan Diva Cup :

Kok kelihatannya sakit ya?

Jika Anda melakukannya dengan benar, tidak akan terasa sakit. Kalau terasa sakit, berarti Anda tidak memasukkannya di saluran yang tepat. Penis pria dan kepala seorang bayi jauh lebih besar dari ukuran Menstrual Cup. Jadi secara logika, penggunaan Diva Cup tentu tidak sesakit yang Anda bayangkan. Beberapa pengguna Diva Cup menemukan bahwa penggunaan Diva Cup jauh lebih mudah dibandingkan tampon.

Menstrual Cup terbuat dari silikon, saya kira silikon tidak baik untuk tubuh saya

Yang Anda pikir silikon tidak baik untuk tubuh karena kebocoran silikon pada implan payudara bukan? Menstrual Cup terbuat dari silikon grade medis, merupakan bentuk silikon yang padat dan stabil (namun lembut dan elastis seperti karet) yang tidak bisa bocor maupun melepaskan molekulnya pada tubuh kita. Silikon yang sama dengan menstrual cup digunakan secara luas dalam industri medis sebagai katup (valve) maupun berperan sebagai pipa saluran (tube) yang dimasukkan ke dalam tubuh pasien.

Adakah kemungkinan menstrual cup terjebak di dalam tubuh dan tidak dapat dikeluarkan?

Tidak. Saluran vagina berbentuk seperti kantong, dengan dinding di sekelilingnya dan ujung saluran yang buntu. Menstural Cup tidak dapat pergi kemana-mana. Dengan setengah dari jari Anda, Anda dapat menyentuh Cup tersebut. Menstural Cup didesain untuk menampung darah mensturasi bukan menyerapnya. Bentuknya yang seperti lonceng membuatnya dapat duduk dengan tepat dan nyaman di dinding vagina anda, namun tidak menyentuh cervix. Bibir Cup didesain agar cup dapat melekat tetap pada posisinya dan melakukan tugasnya mengumpulkan darah mensturasi, lubang kecil di sekitar bibir cup berfungsi untuk melepaskan lekatannya saat Anda akan mengeluarkan cup tersebut.

Mensturasi saya deras, apakah diva cup tepat untuk saya?

Diva Cup dapat menampung 20 – 25 ml darah. Dimana itu adalah jumlah darah yang dikeluarkan wanita pada umumnya selama 12 jam saat siklus mensturasi normal. Anda akan mengetahui Diva Cup Anda sudah penuh saat Diva Cup terasa sedikit bergeser dari tempatnya. Hal ini terjadi karena darah Anda sudah tumpah keluar. Pastikan Anda mengosongkan Cup Anda sebelum hal ini terjadi untuk mencegah terjadinya bocor. Jadi tidak masalah dengan mensturasi Anda yang deras. Anda hanya perlu mengosongkannya lebih sering, itupun tidak akan sesering Anda mengganti pembalut maupun tampon karena DivaCup dapat menampung darah 3 kali lipat lebih banyak dari tampon.

Apakah saya tetap perawan jika saya menggunakan Menstrual cup?

Jika ukuran keperawanan Anda adalah hymen (selaput dara), kemungkinan Anda dapat kehilangan keperawanan Anda saat menggunakan Menstural Cup, karena penggunaan Menstural Cup dapat merubah bentuk selaput dara ataupun merobek halus selaput dara Anda. Perlu Anda ketahui, hal ini sering terjadi pada orang yang melakukan aktivitas yoga, balet, berkuda, bela-diri, panjat tebing dan aktivitas fisik lainnya.

Namun jika ukuran keperawanan Anda adalah apakah seorang wanita pernah berhubungan seksual dengan pria, Anda tetap perawan!

Seberapa seringkah Anda mengosongkan Diva CUp dan seberapa lama Anda memakainya?

Direkomendasikan untuk mengosongkan dan membersihkan isi Diva Cup Anda setiap 8 – 12 jam sekali. Jika mensturasi Anda sedang banyak, sebaiknya Anda memeriksanya lebih sering. Di awal pemakaian periksalah Diva Cup Anda 3 – 5 jam sekali. Hal ini untuk mencegah kebocoran dan juga untuk mempelajari karakter tubuh Anda, seberapa banyak darah yang anda keluarkan pada hari-hari mensturasi Anda. Setiap hari sebelum tidur, cucilah Diva Cup Anda dengan sabun yang lembut dan tanpa pewangi,direkomendasikan menggunakan Diva Wash, sabun pembersih khusus untuk Diva Cup.

bagaimana cara membersihkan diva cup dan menyimpan diva cup untuk siklus mensturasi berikutnya?

Saat siklus mensturasi Anda sudah berakhir, rebuslah Diva Cup Anda dalam air mendidih selama 5 menit. Ada baiknya siapkan panci khusus untuk Diva Cup Anda. Selanjutnya, masukkan dalam pouch Diva Cup dan letakkan di tempat yang dingin dan gelap hingga waktu penggunaan selanjutnya.

Apakah diva cup dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi

Tidak bisa! Diva Cup bukanlah Alat kontrasepsi dan tidak melindungi Anda dari penularan penyakit seksual.

Apakah Diva Cup dapat meningkatkan resiko infeksi saluran kemih?

Tidak ada laporan yang menyatakan hubungan antara Diva Cup dengan resiko terkena Infeksi Saluran Kemih. Anda perlu memotong tangkai Diva Cup Anda jika terlalu panjang dan menyentuh uretra. Dan sangat penting untuk mencuci dan membilas cup dan tangkainya hingga benar-benar bersih. Paling baik gunakan sabun yang lembut dan perfume-free, sehingga residunya tidak tertinggal di Cup. Residu sabun dapat menyebabkan iritasi. Dan untuk yang berhubungan dengan hal-hal ginekologis Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Saya perlu menggunakan lubricant / pelumas vaginal untuk mempermudah penggunaan diva cup. Jenis apa yang sebaiknya saya gunakan?

Anda sebaiknya menggunakan lubricant / pelumas vaginal yang berbahan dasar air (water-based). Perhatikan label pada kemasan pelumas tersebut harus menyebutkan demikian. Biasanya ditunjukkan dengan kata-kata “aman digunakan dengan kondom”. Jangan pernah menggunakan pelumas yang berbahan dasar minyak (oil based), karena minyak tidak cocok dengan sel-sel dan jaringan sensitif pada vagina. Juga jangan menggunakan pelumas berbahan dasar silikon (silicone-based), karena dapat berikatan dengan silikon pada Cup Anda dan merusak kualitasnya.

Saya memiliki kuku yang panjang, apakah dapat menyulitkan saat penggunaan Diva Cup?

Anda tetap dapat menggunakan diva cup dengan kuku yang panjang, namun anda harus lebih berhati-hati. Material Diva Cup cukup tebal sehingga kuku anda tidak akan merusaknya, namun kuku panjang dapat melukai kulit lembut di area sensitif anda, jika anda tidak berhati-hati. Kami sangat merekomendasikan pengguna Diva Cup untuk memotong kuku ketika siklus mensturasi sudah tiba.

beberapa hari dalam mensturasi saya darah yang keluar berupa gumpalan. Apakah saya dapat menggunakan diva cup?

Anda tetap dapat menggunakan Diva Cup, hanya saja Anda perlu mengosongkannya kurang dari 12 jam. Dengan beberapa kali uji coba, anda akan dengan cepat mempelajari kapan saat yang tepat untuk mengosongkan Cup sesuai kebutuhan anda.