How to Care for Your Diva Cup

Sangat penting untuk menjaga kebersihan menstrual cup Anda agar nyaman dipakai selama menstruasi, aman terhadap kesehatan Anda juga menjaga keawetan Cup Anda.

Membersihkan menstrual Cup selama siklus menstruasi

Sangat dianjurkan mengosongkan dan membersihkan diva cup Anda setiap 6-8 jam selama beberapa hari pertama mensturasi dan setiap 8-12 jam di hari-hari terakhir siklus mensturasi.

Cara Mengeluarkan Menstrual Cup Anda

  1. Rilekslah :  Sama seperti saat memasukkannya, Anda perlu rileks. Jangan terburu-buru.
  2. JANGAN menarik tangkainya : Tangkai berfungsi untuk mengarahkan Anda pada dasar Cup. Jika Anda menarik tangkainya, akan terasa sakit! Juga darah Anda akan berceceran dan berantakan jika Cup Anda terlepas.

  3. Remaslah dasar Cup untuk melepaskan Genggamannya : INI KUNCINYA! – Dasar Cup memiliki bubungan untuk melekatkan Cup pada dudukannya. Pegang dasar dan putar Cup ke sisi lain sehingga melepaskan genggaman Cup dari dinding vagina Anda.

  4. Goyangkan dengan Perlahan : Ketika genggaman sudah lepas,goyangkan dengan lembut cup dari satu sisi ke sisi lain sambil mengeluarkannya. Teknik ini mungkin tidak perlu, namun dapat membantu jika Cup agak sulit dikeluarkan.

  5. Lipat Menstrual Cup Anda dari dalam lalu keluarkan secara perlahan
Membersihkan Diva Cup Anda selama siklus Menstruasi
  1. Setelah Anda mengeluarkan Diva Cup Anda, kosong Diva Cup Anda dengan membuang semua darah pada Cup Anda, lalu bilas dengan air
  2. Gunakan sabun yang lembut dan tidak bersisa saat mencuci menstrual cup Anda. Sabun yang disarankan adalah Diva Wash yang dirancang khusus untuk membersihkan Diva Cup
  3. Bilas hingga bersih
  4. Voila! Diva Cup Anda dapat digunakan kembali

Membersihkan menstrual cup setelah siklus menstruasi

  1. Sterilkan menstrual cup Anda yaitu dengan cara merebus Diva Cup selama 5-10 menit dalam air mendidih untuk membunuh bakteri
  2. Keringkanlah Diva Cup Anda, lalu masukkan di dalam pouch Diva Cup yang Anda peroleh setiap pembelian Diva Cup.
  3. Simpan Diva Cup Anda sampai siklus menstruasi berikutnya dalam tempat yang bersih dan kering. Hindari menyimpan Cup dalam toples yang kedap udara.
  4. Rebuslah kembali menstrual cup Anda sebelum dipakai di siklus menstruasi berikutnya